HAJI PEDAL

November 6, 2009

dsc01255Alhamdulillah… salah satu anggota KST RAYA, yaitu Pak Sunarto, atau yang lebih dikenal dengan NARUTO_OGB, hari ini akan berangkat ke tanah suci, mekah guna menunaikan rukun islam yang ke-5 yaitu naik Haji. Kami seluruh anggota KST RAYA mengucapkan selamat menunaikan ibadah Haji, semoga menjadi Haji yang Mabrur.

(pulang bawa onta ya pak!)

BERSEPEDA KE PANGKALAN BUN

November 5, 2009

Pada tanggal 03 Oktober yang lalu, KST RAYA di undang oleh Bupati Kotawaringin Barat (salah satu kabupaten di Kalimantan tengah), untuk turut meramaikan Pawai HUT Kotawaringin Barat yang ke-50! Antusiasme warga Pangkalan Bun terhadap KST RAYA sangat meriah, dikarenakan di sana tidak ada komunitas sepeda tua! kenapa gak ada? pertama mungkin karena gak ada yang mau memulai, kedua mungkin karena lanskap kota pangkalan bun yang penuh tanjakan dan turunan curam yang kami akui cukup mengerikan! kalo komunitas Sepeda gunung sih ada, tapi kalo sepeda gunung mah enteng dong! nah kalo sepeda onthel? bisa bisa nyungsep kali! dan kebetulan hari itu kita pawai beriringan dengan Komunitas sepeda gunung pangkalan bun.

Istimewanya nih, di acara itu kita semua berasa kayak selebritis! jadi saat KST RAYA melintas, warga yang menonton terlihat takjub dengan tatapan yang kira-kira saya artikan sebagai “kok masih ada ya sepeda macam ini?”, “astaga ini sepeda saya jaman kecil dulu” atau malah “wahahahaha katrok! katrok!”

selain bersepeda, kita juga menyempatkan diri untuk mengunjungi pusat-pusat wisata di daerah Pangkalan Bun juga mengunjungi kediaman Pangeran Kotawaringin barat untuk bersilaturahmi.

pokoknya meriah banget deh! yang kagak ikut dijamin nyesel! yah semoga aja dengan kedatangan kami ke Pangkalan Bun ini, bisa menyentil semangat warga pangkalan bun untuk memiliki komunitas sepeda tua.

SEJARAH KST RAYA

November 4, 2009

Embrio Komunitas Sepeda Tua Palangka Raya, dimulai pada awal agustus 2005, yang di dasari akan kecintaan sepeda tua dan ingin berolah raga sambil rekreasi. Bermula dari hal tersebut, saya mulai mencari sepeda tua dan mendapatkan sebuah sepeda tua yang terlantar tanpa dipelihara, menurut pemiliknya bermerk BSA (cap senapan), di desa Kereng Bangkirai, saya tebus seharga Rp. 600.000,-

kst

logo KST RAYA

Sepeda tua tersebut saya rawat dengan mengganti bagian yang rusak, sehingga enak dipakai untuk berolah raga. Rupanya kegiatan saya tersebut sejalan dengan keinginan seorang teman, (dr. Esti Williyanto, MHSH) yang juga menyenangi sepeda tua, beliau mendapatkan sebuah sepeda tua merk Juncker buatan Belanda sekitar tahun 40 – 50. Sejak itu mulailah saya dan pak Esti menggenjot sepeda kami untuk berolah raga sambil ditemani oleh Triwahyudi BA yang pada waktu itu masih menggunakan sepeda gunung/MTB.

Pada Hari Bhakti PU Kalteng tahun 2005 saya memberanikan diri untuk mendaftar ikut kegiatan bersepeda sehat yang diselenggarakan oleh Dinas PU Kalteng tersebut, Alhamdullillah mendapatkan juara favorit III, sebuah sepeda gunung pun berhasil saya bawa pulang.

Nampaknya sepeda saya menjadi perhatian ketua Panitia, dan Ketua IMBI Kalteng Ir. H. Hibnu Mardhani, MM, MT serta teman-teman yang lain, dan kemudian mereka mencari sepeda tua lalu bergabung dengan saya serta pak Esti mengelilingi kota Palangka Raya sore hari.

Dari seringnya kami mengitari kota, kemudian bergabunglah teman-teman lain dengan memakai sepeda yang sejenis, sehingga terkumpul sebanyak ± 10 orang.

Saat hari libur 1 Muharam (Selasa Pagi) dan bertepatan dengan Hari Raya Imlek (31 januari 2005), kami berkumpul pada pagi hari di sekitar Bundaran Besar, hasil perbincangan disepakati untuk membentuk suatu perkumpulan yang dinamai Komunitas Sepeda Tua Palangka Raya / Oudefiet Gezelschap van Borneo (KST Raya/OGB).

Sampai dengan hari ini sudah tergambung kurang lebih 50 an orang anggota pada KST Raya/OGB dengan jumlah sepeda lebih dari 100 buah terdiri dari berbagai merk dan tahun pembuatan seperti BSA, Humber, Fongers, Locomotief, Simplex, Gazelle, Burgers, Batavus, Unions, Rudge, Norton, Juncker, Raleigh, Barsumi, Vesting, Phillips, Phoenix, Flying Pigeon, Stoco, Hima, Simking, Hartog, Hero, Sparta, Solingen, Radium, Falter, dll.

Kegiatan sementara ini, hanya berolah raga menelusuri jalan-jalan di Palangka Raya dan keluar kota, bhakti sosial ke tempat-tempat yang kami nilai layak untuk dilakukan kegiatan tersebut.

pak yos

 

 

 

 

Ditulis oleh : Yos Andi Tangkasiang